Kamis, 24 Agustus 2017

Menyimpulkan Informasi Lisan yang Tidak Bersifat Perintah


    MENDENGARKAN
Menyimpulkan Informasi Lisan yang Tidak Bersifat Perintah

      Teknik Menyimpulkan informasi dibagi menjadi dua, yaitu deduksi dan induksi. Teknik deduksi dilakukan terhadap data (pernyataan) umum kemudian ditarik simpulan khusus. Sebaliknya, teknik induksi dilakukan terhadap data (pernyataan) khusus diikuti pernyataan umum. Kedua teknik ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpulkan berbagai informasi yang setiap hari kita temukan. Perhatikan kutipan berikut.
Bahasa bukan hanya digambarkan sebagai rangkaian bunyi, tetapi bahasa didefinisikan sebagai substansi, bentuk, ekspresi, dan isi. Sebagai substansi, bahasa merupakan segala sesuatu yang dapat dibicarakan, sedangkan sebagai bentuk, bahasa merupakan formaliasasi bagian-bagian dalam konsep. Sebagai ekspresi, bahasa merupakan media fisik dan sebagai isi, bahasa merupakan formalisasi media ke dalam unit ekspresi.
      Dalam kutipan tersebut dimuat ide utama dan ide-ide penjelas. Ide utama disebut pernyataan umum dan ide penjelas dinamakan penyataan khusus. Jadi, susunan kutipan diatas adalah umum ke khusus. Cara merumuskan simpulan yang demikian dinamakan cara deduktif.
            Selanjutnya simaklah contoh berikut ini.
Sebuah teori mendasarkan pada aspek-aspek bahasa. Bagaimanakah bahasa itu berbunyi dan tampak ? Bagaimanakah bahasa itu berfungsi ? Bagaimanakah bahasa itu berkembang ?
      Wacana di atas juga menggunakan penalaran deduktif. Ide utamanya adalah sebuah teori yang mendasarkan pada aspek bahasa. Ide penjelasnya adalah kalimat-kalimat berikutnya. Jika kita cermati strukturnya, antara kutipan pertama dan kutipan kedua mempunyai struktur yang sama walaupun ide-ide penjelasnya berbeda. Bentuk informasi singkat dan informasi singkat dan informasi lengkap dapat dicermati dari cara pengungkapannya.
      Selain kedua contoh tersebut, cara deduktif juga dapat digunakan pada wacana yang sangat luas. Keluasan cara penyampaian tidak mempengaruhi makna dan letak gagasan utama.
      Cara lain untuk menyimpulkan ide-ide penjelas diakhiri dengan simpulan/ide utama. Cermati contoh di bawah ini!
Pertama kali seorang belajar bahasa dapat dilakukan dengan mempelajari bunyi-bunyi bahasa. Selanjutnya beralih mempelajari makna bahasa. Langkah berikutnya adalah mengkaji dtruktur bahasa. Langkah terakhir dapat menganalisis dan menggunakan bahasa dengan tepat. Beginilah cara belajar bahasa yang efektif.
            Cara induktif ini dapat digunakan untuk merumuskan wacana atau dialog yang lebih luas lagi.
Mengidentifikasi Isi-isi informasi
      Informasi ada yang bersifat perintah dan ada juga yang bukan. Secara garis besar, isi informasi meliputi pertanyaan, pernyataan/berita. Pertanyaan, berita, ataupun perintah dapat diketahui melalui ciri bentuk dan ciri makna. Ciri bentuk ditandai oleh penggunaan tanda baca, sedangkan ciri makna ditandai oleh isi informasi itu sendiri.
      Berdasarkan pengertian tersebut, marilah berlatih mengidentifikasikan isi informasi dan merumuskan simpulannya.
Teks 1: Puisi
Aku Cukup Dengan Engkau Saja
Aku cukup dengan Engkau saja
Dalam nikmat zikir dan sujud jiwa
Aku cukup bersama-Mu saja
            Aku cukup dengan Engkau saja
            Walau orang-orang itu
            Mencari kesenangan di diskotik-diskotik
            Panti-panti pijat, hotel dan pelacuran
            Aku cukup di rumah-Mu saja
            Dalam nikmat zikir dan sujud jiwa
            Bukan lantaran takut AIDS dan rajasinga
            Jika kujauhi pelacuran dan sauna
            Tapi memang cukup bagiku
            Bahagia dalam cinta-Mu saja
                        Aku cukup dengan Engkau saja
                        Walau kursi dan mobil dinas menjauhiku
                        Walau dasi dan gaji besar berpaling dariku
                        Walau ormas dan orpol mencibir padaku
                        Aku cukup di dekat-Mu saja, bahagia
                        Dalam nikmat zikir dan sujud jiwa
(Ahmadun Yosi Herfanda)

      Puisi diatas menceritakan ketakwaan seseorang kepada Tuhannya. Penyair merasa hidupnya bahagia hanya dengan menyembah Tuhan lewat zikir dan sujud. Penyair tidak peduli jika kenikmatan duniawi jauh darinya karena ia hanya peduli dengan Tuhan yang akan menghindarkan ia dari kesesatan di dunia.
      Simpulan puisi di atas dapat berupa kecintaan dan kepasrahan manusia kepada Tuhan yang akan membimbingnya menuju kebaikan. Manusia akan terhindar dari perbuatan sesat jika ia berserah diri dan menghindari kenikmatan dunia. Mendekatkan diri dengan Tuhan akan menimbulkan perasaan nyaman, teduh, dan bahagia. Manusia pun akan merasa terang menjalani hidupnya di dunia (induktif).
Teks 2: Wawancara
(Percakapan antara 2 orang di bursa kerja Mentari)
Feri            : “Ded, kamu sudah baca iklan di Suara Pos hari ini?”
Dedi           : “Belum, iklan apa?”
Feri            : “Itu, iklan lowongan kerja di PT Jaya Abadi Sukses.”
Dedi           : “PT Jaya Abadi mana, Fer?”
Feri            : “Ah, masa kamu tidak tahu? Itu lho, di jalan Sunan Abadi No. 201”
Dedi           : “Kata kakakku, itu perusahaan tekstil, pabriknya di Surabaya.”
Feri            : “Kamu sudah memasukkan lamaran belum?”
Dedi           : “Ya belum dong. Iklannya saja baru aku baca.”
Feri            : “Kalau kamu belum memasukkan lamaran, aku ikut, ya?”

Isi              :  Percakapan antara Dedi dengan Feri mengenai lowongan pekerjaan di PT Jaya Abadi Sukses. Feri memberitahu Dedi tentang lowongan pekerjaan tersebut dan mengingatkan Dedi agar memberitahunya jika ingin memasukkan lamaran.
Simpulan   :  Feri meminta Dedi memberitahunya jika Dedi ingin memasukkan lamaran ke PT Jaya Abadi Sukses. Lowongan pekerjaan tersebut diumumkan di Koran Suara Pos.
Teks 3: Pidato
Perhatikan penyampaian naskah pidato kepala kelurahan pada para ketua RT berikut.
Assalamualaikum Wr.Wb.
      Kita Patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa berkat taufiq, rahmat dan hidayah-Nya mala mini kita dapat bertemu dalam keadaan sehat.
      Saya ucapkan terima kasih kepada Saudara-Saudara warga karang taruna yang telah hadir pada rapat mempersiapkan peringatan Bulan Bahasa tahun ini.
Kegiatan yang akan kita bahas dalam memperingati Bulan Bahasa, antara lain lomba pidato, pentas drama, dan baca puisi.
      Untuk lomba pidato temanya adalah “Peran Generasi Muda dalam Memberantas Narkoba”. Lomba diikuti oleh seluruh peserta yang berusia maksimal 25 tahun. Setiap peserta mewakili RT masing-masing.
      Untuk lomba pentas drama dilakukan beregu. Jumlah setiap regu 3-8 orang. Topik yang dikemukakan adalah “Peran Generasi Muda dalam Menjaga Lingkungan Hidup”.
      Untuk lomba baca puisi, puisi wajib yang bertema “Membangkitkan Semangat Generasi Muda”, sedangkan puisi pilihan berupa puisi-puisi ringan yang menarik.
      Kita segera bentuk panitia, susun proposal, cari dana, dan laksanakan sesuai rencana. Untuk malam mini, kita sampai pada pembentukan panitia, selanjutnya setiap kelompok rapat sesuai tugas masing-masing.
      Demikian, apabila ada kekurangan saya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Isi                 :        Pidato kepala kelurahan pada para ketua RT mengenai peringatan Bulan Bahasa yang akan dimeriahkan dengan kegiatan-kegiatan seputar kebahasaan, seperti lomba pidato, pentas drama, dan membaca puisi.
Simpulan   :  Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memeriahkan peringatan bulan bahasa, diantaranya adalah mengadakan lomba-lomba, seperti lomba pidato, pentas drama, dan baca puisi. Tentu saja lomba-lomba tersebut dibatasi dengan konsep Bulan Bahasa dan jiwa muda karena lomba ini dikhususkan bagi warga muda agar mereka lebih peduli pada Bulan Bahasa. Lomba pidato, pentas drama, dan baca puisi merupakan rentetan kegiatan yang akan meramaikan peringatan Bulan Bahasa tahun ini.

RINGKAS
·         Teknik menyimpulkan informasi : Teknik deduksi yang dilakukan terhadap data (pernyataan) umum kemudian ditarik simpulan khusus.
·         Teknik induksi dilakukan terhadap data (pernyataan) khusus diikuti pernyataan umum



B.  BERBICARA
Menyimpulkan Informasi Lisan dan Tulis Sesuai Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

Kedudukan Bahasa Indonesia
      Kedudukan bahasa dapat diketahui melalui faktor-faktor berikut: (1) jumlah penuturnya; (2) luas penyebarannya; dan (3) perannya sebagai sarana ilmu, susastra, dan ungkapan budaya lain yang bernilai. Berdasarkan patokan pertama/jumlah penuturnya, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa ibu. Sebagai bahasa ibu, penutur bahasa Indonesia semakin bertambah. Pertambahan tersebut disebabkan arus urbanisasi, perkawinan antarsuku, keinginan generasi muda berbahasa Indonesia, dan banyaknya orang tua masa kini yang menghendaki anaknya sebagai penutur bahasa Indonesia.
      Berdasarkan luas penyebarannya, bahasa Indonesia mempunyai kedudukan:
a)      Sebagai bahasa pertama yang dipakai di pantai timur Sumatra, di Pulau Riau dan Bangka, serta daerah pantai Kalimantan. Selain itu, juga di Manado, Ternate, Ambon, Banda, Larantuka, dan Kupang.
b)      Sebagai bahasa kedua, pemencarannya dapat disaksikan dari ujung barat sampai ke timur dan dari pucuk utara sampai ke batas selatan negeri kita.
c)      Sebagai bahasa asing, bahasa Indonesia dipelajari dan dipakai di kalangan terbatas di Australia, Filipina, Jepang, Korea, Rusia, India, Ceko, Jerman, Perancis, Inggris, dan Amerika. Bahasa Malaysia atau Melayu termasu rumpun yang sama dipakai di Singapura dan Brunei Darussalam.
      Berdasarkan peranannya, bahasa indonesia sebagai lingua franca, yakni bahasa perantara orang yang latar budayanya berbeda-beda. Hal yang perlu diingat adalah kedudukan bahasa/pentingnya bahasa tidak didasarkan pada mutunya, besar kecilnya kosakata, keluwesan dalam tata kalimatnya, atau daya tangkapnya dalam gaya. Namun, kedudukan bahasa harus sejalan dengan perkembangan masyarakat pemakainya.

Fungsi Bahasa Indonesia
            Bertolak dari kedudukan bahasa indonesia di atas, fungsi bahasa Indonesia meliputi:
a.       Sebagai alat pemersatu
Bahasa Indonesia mempersatukan masyarakat Indonesia dan meningkatkan proses identifikasi penutur di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.
b.      Sebagai ciri khas suatu bangsa
Bahasa Indonesia memperkuat perasaan kepribadian nasional masyarakat pemakainya dan membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain.
c.       Sebagai kerangka acuan
Bahasa Indonesia menjadi kerangka acuan fungsi estetika bahasa di bidang sastra dan pemakaian bahasa, seperti permainan kata, iklan, dan tajuk berita. Fungsi terkhir ini, dalam bahasa Indonesia, belum berjalan dengan baik. Namun, dalam setiap kongres bahasa Indonesia, seminar dan symposium, serta berbagai penataran guru, berkali-kali diimbau agar disusun tata bahasa normatif yang dapat menjadi kerangka acuan bagi guru bahasa dan pelajar.

Informasi Varbal dan Nonverbal
      Cara mengungkapkan informasi dapat dilakukan dengan verbal dan nonverbal. Cara verbal meliputi iformasi lisan dan tulis. Cara nonverbal biasanya ditampilkan dalam bentuk bagan, tabel, diagram, grafik, denah, atau matriks.
      Penyajian informasi verbal dan nonverbal yang menggunakan kalimat-kalimat informatif dianggap lebih mudah dimengerti banyak orang, tetapi penggunaan bagan, tabel, diagram, grafik, denah, dan matriks terkadang lebih menarik dan efektif. Informasi verbal dapat disampaikan dengan dua cara, yaitu lisan dan tulis.

Contoh informasi verbal:

Delapan Jalur Rawan, Banyak Tikungan
PURBALINGGA-Setidaknya ada 8 jalur rawan kecelakaan lalu lintas, yaitu jalur Banyeman di Karangreja yang banyak tikungan dan turunan tajam. Kemudian, jalur Gandasuli di Bobotsari yang memiliki satu tikungan dan turunan tajam, jalur Gembong dan Mrebet, jalan lurus lapang, namun padat kendaraan. “Seringkali melenakan pemakai jalan sehingga mereka tancap gas terus.”
      Jalur lainnya adalah Bobotsari-Karanganyar yang jalannya labil dan bergelombang. Sementara itu, terdapat tikungan dan turunan tajam di jalur Kemanggungan di Rembang. Jalur Karangkabur-Kalitinggar di Padamara jalan cukup sempit dan arus lalu lintas padat hingga rawan kecelakaan.
      Selanjutnya di jalur Purbalingga-Jompo, arus lalu lintas padat dan kecepatan kendaraan tinggi karena perbatasan dengan Purwokerto. Jalur terakhir yang harus diwaspadai ialah Bojong-Sukareja. Jalur ini jalan bergelombang dan licin, arus yang padat, dan umumnya kendaraan berkecepatan tinggi. Di jalur ini juga sering terjadi kecelakaan.
Sumber: Suara Merdeka, 2 Oktober 2007, halaman 1, dengan pengubahan

Simpulan informasi di atas adalah:
Terdapat delapan jalur rawan di Purbalingga, yaitu Banyeman (Karangreja), Gandasuli (Bobotsari), Gembong-Mbrebet, Bobotsari-Karanganyar, Kemanggungan (Rembang), Karangkabur-Kalitinggar, Purbalingga-Jompo, dan Bojong-Sukareja.

RINGKAS
Dalam menyimpulkan informasi, gunakan bahasa Indonesia sesuai fungsi dan kedudukannya.
·         Fungsi
§  Sebagai alat pemersatu bangsa
§  Sebagai ciri khas suatu bangsa
§  Sebagai pembawa kewibawaan
§  Sebagai kerangka acuan
·         Kedudukan: sebagai bahasa pertama, kedua, dan asing.

Sumber  : Bahasa Indonesia: Tataran Madia untuk SMK dan MAK Kelas XI 




Tidak ada komentar:

dr. Djoko Judodjoko, SpB Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar duka datang dari dunia kesehatan Tanah Air di tengah upaya melawan virus coro...