Senin, 28 Agustus 2017

Cerpen, Tidak ada Pilihan Lagi Selain dari Bedah Sesar

Cerpen
Tidak ada Pilihan Lagi Selain dari Bedah Sesar
0leh: Hadi Setiyo, S.pd.

Segala penjuru telah kembali keperaduanya, mega merah tampak di ufuk barat, seruan panggilan manusia untuk menyembah kepada tuhan-Nya berkumandang. Tampak dari kamar mandi, terdengar guyuran air yang turun, jatuh ke lantai kamar mandi. “Iya itu ayah Ku hendak bersih diri, tadi baru pulang dari tempat bekerja”. “Ayah Ku namanya Hadi Setiyo, biasa dipanggil Pak Hadi yang sudah hampir dua tahun bekerja di tempat kami berdomisili”. “Ayah Ku itu, orangnya kerja keras jarang bercanda adanya serius kata “Ndah Ku gitu”. Suara pintu kamar mandi mulai terbuka, langkah kaki ayah Ku semakin dekat. “ Rania ayo kita ke masjid, Ndah mana?” begitulah ayah mengajak Ku, mencari dan mencari sampai melihat isi ruangan, “Ndah ada di kamar Yah, sapa Ku”. Panggilan terhadap ibu ku dengan sebutan Ndah, entah sebutan sejak kapan, yang jelas sampai sekarang memanggil mereka dengan sebutan ayah dan ndah atau dulu mereka sepakat setelah punya anak dengan sebutan itu aku tidak tahu.heee.. Aku di bopong dengan ayah Ku dengan mudahnya, postur tubuh Ku kecil heee.. jadi dengan sekali sambar dapat dianggkat, diciumlah kening Ku oleh ayah Ku, kamipun berangkat bersama menuju masjid, guna melakukan sholat magrib. “Ndah...”kata ayah Ku, “pintunya dikunci ya... “dengan segera ndah Ku mencari dan mengunci rumah.
Pada gendongan ayah ku,  “Aku mulai membayangkan begitu hebatnya penjuangan orang tua Ku hingga aku menginjak ke 2 tahun ini”. “Oh ya...teman, nama lengkap Ku Rania Pramesthi Arisanti, kata ayah nama Ku punya arti lho..artinya adalah bangsawan yang berdiri paling depan yang memiliki hati lemah lembut, bagus ya sob...” nama Ibu Ku Arisma prihatining Tyas, orangnya cantik secantik hatinya”. Aku dulu katamya dilahirkan cesar. Pada saat itu hari bahagia bertepatan dengan ayah Ku diterima bekerja ditempat sekarang mengajar. Menjelang perlaninan ndah Ku, ayah mengikuti tes mengajar di sekolah, SMK MUHAMMADIYAH 3 Metro namanya. Pada saat esok hari menjelang tes ayah sholat malam dan berdoa memohon pertolongan kepada Allah agar esok lancar. Tahap demi tahap dilewati, saingan terberatnya dari universitas negeri yaitu Unila, tapi berkat pertolongan allah, semua dilancarkan dan alhamdulilah diterima menjadi tenaga pengajar.
Pada saat ndah Ku memasuki bulan persalinan, rutin konsiltasi kemedis, buktinya foto hitam putih USG ada banyak. Pernah aku difonis jenis kelami Ku cowok, untungnya tidak semua perlengkapan banyinya mengarah ke laki-laki yang dibeli. Ndah udah mulai mules, ternyata ketika Aku di dalam perut, pada saat itu Ndah langsung menelfon ayah, karena masih di kantor sekitar jam 11.00, hp ayah mulai berdering di saku celana, secara reflek ayah melihat dan mengangkat, “Halo....ngapa Ndah....” “aku udah sakit ni Yah... rasanya,” ujar ndah. “Oh iya bentar ini mau pulang”, seketika itu di tutup telfon, Ayah tanpa basa-basi langsung pulang, setibanya di rumah, ayah membawa ndah ke bidan, memang dari dulu sudah ditentukan hendak melahirkan di rumah bidan saja. “Asalamualaikum....asalamualaikum....” ayah mengucap salam, tampak lirih dari dalam terdengar  sambil membuka pintu “walaikumsalam”, “Oh Ibu mari masuk”, ayah dan ndah dipersilahkan masuk dan ditanya soal keluhanya. Lama 15 menitan kurang lebih, keputusanya belum waktunya melahirkan dan dipersilahkan pulang kembali, pada saat itu hari Rabu, kalau tidak salah tanggal 26 Agustus 2015. Apabila sudah terasa mulas yang sesungguhnya disuruh secepatnya kerumah bidan kembali.
Setibanya di rumah, Ayah bingung bukan kepalang, melihat ndah yang tidak bisa Aku membayangkan apa rasanya, meski Aku sebetulnya yang ada di perut itu dan yang menyebabkan ndah sakit heee...” Ayah sakit banget perut ku”, rintahan ndah, air mata mulai menetes sambil memegang perut yang besar. “Sabar ndah proses persalinan ya memang seperti itu”, ayah menghibur. Hingga bertahan sampai hari Kamis, bayangkan menahan rasa sakit kurang lebih 9 jam. “Ayo antarkan Aku kebidan lagi”....”Aku udah gak kuat”, tanpa sepatah kata dan tidak mau ambil resiko, ayah mengantar Ndah, kali kedua, jam 04.30 dini hari, masuk hari Kamis 27 Agustus 2015. Pada saat itu belum azan subuh, tetapi sama, jawaban yang di lontarkan bu bidan, “Ini masih kontraksi palsu, adek kecil belum mau keluar” kata Bu Bidan dan disuruh menunggu kembali. Cemas bercampur khawatir ayah dan ndah pulang ke rumah.
Bude Reni, bude Ku yang sedari beberapa waktu lalu rutin menelfon ndah menayakan kabar, kemudian ditelfon ayah meminta pendapat jalan keluarnya, entah apa yang dibicarakan, tiba-tiba beberapa saat kemudian datang dengan membawa mobil. “Ris ayo kita periksa ke bidan Ku aja”, ujar Bude Reni. “Ini bidan udah andal mulai dari anak pertama dan kedua Ku, ya disana”. “Oke mbk” kata ayah dan ndah. Ternyata menuju ke rumah bidan kembali, arah tempuran 12 B (nama tempat) tidak jauh dari tugu perbatasan Kota Metro dan Lampung Tengah, sebelah kanan jalan jalur dua. Beliau merekomendasikan untuk USG yang menampilkan gambar 4 dimensi agar tampak jelas, arahan bu bidan kami turuti.
Kini mobil melaju kembali guna menuju tempat yang dimaksud sebuah klinik bersalin yang ada di 21(nama tempat), kurang lebih 15 menit perjalanan, setelah sampai tujuan, ndah diperiksa oleh dokter kandungan, kemudian menjalani USG, hasil pemeriksaan menunjukan bahwa air ketuban telah habis, salah satu jalan agar bayi dan ibu selamat melalui operasi cesar dengan segera. Mendengar ucapan bu dokter yang demikian itu, membuat hati Ayah, Bude, Pakde, Eyangti semakin cemas dan takut. Berbagai pertimbangan, akhirnya dengan rujukan manajer Rumah Sakit umum Ahmad Yani Kota Metro, agar di bawa ke rumah sakit tersebut saja, barang kali masih bisa dengan jalan normal.
Hari Jumat setelah magrib, ndah masuk UGD dan di bawa ke ruang persalinan, menunggu dan menunggu hingga Sabtu pagi. Setelah diperiksa kesekian kali, akhirnya oleh dokter tetap memutuskan, aku dilahirkan melalui operasi cesar. Seumur hidup, ayah belum pernah mengantarkan orang menjalani operasi cesar, bayangkan sekarang malah istri yang mau menjalaninya, muka pucat, badan lemas, hati takut,  menyertainya antara hidup dan mati. Beberapa saat kemudian ayah dipanggil oleh bu dokter, “Pak tak ada jalan lain lagi untuk menyelamatkan bayi dan ibu selain cesar, inipun resikonya besar, bisa saja tidak berjalan dengan lancar, ibu perlu dicek tekanan darahnya juga, akibat cesar menjadi cacat permanen terutama bekas operasinya, insya allah waktunya tidak lama, namun nantinya perawatanya yang lama Pak, bagaimana menuruk bapak?” Ayah terdiam sebentar kemudian mengangguk tanda setuju. “Perbanyak Doa Pak, agar operasi persalinan nati berjalan dengan lancar, ujar bu dokter”. Guna mengeluarkan Aku, ndah rela nyawa sebagai taruhanya.
Beberapa saat kemudian, ndah dibawa ke ruang operasi yang tidak jauh dari ruang bersalin, dengan bantuan suster serta tidak henti-hentinya menghibur ndah Ku, Ayah dan Yangti mengantar hanya pada ruang tunggu saja, memang ruang operasi itu tempatnya berlapis-lapis. Pada kesendirian dan ditemani oleh tim yang berbaju hijau, ndah mulai masuk ke dalam ruang operasi. Tidak sembarang orang dapat masuk ke sana, kondisinya steril bersih. Pada jam 11.30, tepat tanggal 29 Agustus 2015...oek...oek...oek..keras sekali suara tangisan Ku hingga ayah mendengar tangisan Ku bersama eyangti yang setia menunggu di ruang tunggu operasi. Aku di gendong oleh orang yang memakai baju hijau dan didekatkan oleh ayahku. Nampak semeringah wajah ayah Ku, melihat diri ku dapat menyaksikan indahnya dunia ini atau jangan-jangan ayah semeringah karena telah menjadi seorang ayah,hee..., padahal Aku udah dari kemarin ingin melihat...heeee. Telinga Ku dikumandangkan azan oleh ayah. Pada saat operasi berlangsung, Ndah diajak komunikasi oleh tim yang sengaja untuk menghibur, serta pada bagian perut ditutup kain warna hijau. “Aku sadar walau perut Ku dibeset karena memang tidak bius total” ujar ndah. Persalinan ndah ku dalam melahirkan Aku, alhamduilah berkat pertolongan allah selamat, hingga kini sekarang aku 2 tahun, semua sayang sama Aku, tak kecuali Mamak (mbh Parti) yang seperti ibu kandung Ku dalam kasih sayang merawat Ku, tante Luluk, aunti Sela, Eyangkung, Eyangti, mbk Anik, tante Lita, om Dedi, om Sisit, bude Reni, pakde Anis, mbh Liwa, mbk Aya, mbk Reta, pade sugiarto, bude Sri, tante Elsa, mbh Pakde, semua perhatian dicurahkan, buat Aku. Oh ya, Aku udah bisa ngomong, mam (makan), moh (tidak mau) abuk (panggilan untuk sebutan eyangti) udah bisa gaya berfoto, udah terbiasa salim, lambaikan tangan. Meski kadang rewel kalau mau bobok dan bangun pagi. Begitu sayangnya ke Aku meski besok (29 Agustus 2017) hari lahir Ku, genap ke 2 tahun, ndah masih memberiku asi ekskulsif lho..haaaaa... jadi malu. Apalagi kalau akung ngeluarin mobil, Aku hadang, minta muter-muter dulu sebelum kerja, begitu juga ama eyangti, sama motor spesi kesayanganya, kalau gak mau muterin aku nangis kejer,haaa.... “cerpen ini dibuat pertama kali oleh Ayah pas hari lahir Ku” kata ayah sih gitu, keren ya....seneng deh punya ayah kayak gini....adapun Pesen ayah “Jadilah anak yang berbakti, sholeha, faham agama, bentar lagi mau masuk sekolah PAUD”. “Sukses ya nak”.... kata Ayah. Eh....tidak terasa udah sampai masjid dan iqomat udah dikumandangkan, udah dulu ya teman....kami mau sholat berjamaah dulu, semoga amal ibadahnya diterima oleh allah SWT, amiiiin. 


Tidak ada komentar:

dr. Djoko Judodjoko, SpB Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar duka datang dari dunia kesehatan Tanah Air di tengah upaya melawan virus coro...