Senin, 11 September 2017

CARA PEMANFAATAN BOTOL BEKAS

CARA PEMANFAATAN BOTOL BEKAS
oleh: Tiara Nur Mulyawati
Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil sampah yang cukup banyak. Banyak kegiatan sehari-hari yang menghasilkan sampah, terutama sampah anorganik. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat diuraikan oleh alam, contohnya botol-botol bekas. Banyak botol-botol bekas yang sering dibuang oleh masyarakat yang sebenarnya memiliki manfaat jika dibuat menjadi suatu barang yang memiliki fungsi tertentu. Pada teks prosedur ini, saya akan berbagi mengenai cara pemanfaatan botol bekas menjadi pot bunga yang menarik dan indah agar dapat menjadi referensi bagi para pembaca teks prosedur ini. Tujuan pembuatan teks prosedur ini adalah untuk mengetahui cara pemanfaatan botol bekas menjadi pot bunga yang menarik dan memiliki nilai estetis, mengurangi sampah yang tidak mudah terurai oleh alam, dan mencegah kerusakan alam.
            Bahan-bahan  yang diperlukan untuk membuatnya, antara lain : botol bekas berukuran 1,5 liter, cat, tanah, tanaman (bunga), kawat, dan paku. Sedangkan alat-alat yang diperlukan, antara lain : gunting, cutter, tang, kuas, dan alat pemanas.
            Bagaimana cara membuat pot bunga dengan menggunakan botol bekas agar terlihat menarik dan indah ? langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.      Pertama, siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
2.      Ambil botol bekas, potong kepala botol dengan menggunakan gunting.
3.      Guntinglah setiap ujung potongan kepala botol sampai setengah botol dengan bentuk persegi panjang.
4.      Setelah itu, ambil tiap persegi panjang kemudian gulung-gulung sampai ujung potongan botol. Lakukan untuk semua potongan berbentuk persegi panjang tadi sampai membentuk seperti kelopak bunga.
5.      Lubangilah sisi botol pada satu bagian botol, kemudian ikatkan kawat pada sisi botol dengan membentuk seperti kail agar bisa digantungkan pada tembok nantinya.
6.      Setelah semuanya selesai, ambil cat kemudian warnai bentuk pot tadi dengan warna yang diinginkan dan bila perlu gambar dengan kreasi anda masing-masing agar pot tampak menarik.
7.      Jemur pot yang sudah di cat tadi di bawah sinar matahari sampai kering.
8.      Setelah kering, panaskan paku lalu lubangi pot tadi pada bagian bawahnya sebagai tempat keluarnya air saat bunga disiram.
9.      Kemudian, ambil tanah dan masukkan ke dalam pot lalu beri tanaman hias/bunga  yang ingin ditanam.
10.  Ambil paku lalu pasangkan ke tembok dengan menggunakan palu dan atur susunan letak pot sesuai dengan yang diinginkan.
11.  Pasangakan pot bunga yang sudah jadi tadi ke paku yang sudah dipasangakan.

12.  Jadilah pot cantik yang berwarna-warni yang mempercantik rumah anda.

Tidak ada komentar:

dr. Djoko Judodjoko, SpB Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar duka datang dari dunia kesehatan Tanah Air di tengah upaya melawan virus coro...